Search

Memuat...

MENU

PILIHAN

RUMAH TINTA@MAGAGEMEN. Diberdayakan oleh Blogger.

Ingat Waktu Yahh...!!!

Free SMS

Your browser does not support frame.

buku tamu


ShoutMix chat widget

kii

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

About company

Foto Saya
RUMAH TINTA
Subang, Jawa Barat, Indonesia
Rumah Tinta adalah Sebuah perusahan yang bergerak di bidang segala macam usaha. mohon doa restu dan dukunganya.
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Laman

Minggu, 09 Januari 2011

REVOLUSI

           Revolusi adalah perebutan dan pergantian kekuasaan dari kelas lama (penguasa lama) oleh dan kepada kelas baru (penguasa baru) yang lebih maju, atau Revolusi adalah penjungkirbalikan kekuasaan politik lama oleh kekuasaan politik baru dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, atau Revolusi adalah mendobrak/menjebol kekuasaan politik lama dan membangun kekuasaan politik baru yang lebih maju.
Revolusi bersifat memaksa dengan melibatkan kekuatan rakyat (people power) karena kekuasaan lama (status quo) mempertahankan diri dari penghancuran oleh kekuatan baru (Revolusi), karena tidak ada kekuasaan politik lama yang bersedia menyerahkan kekuasaannya dengan sukarela kepada kekuatan politik baru yang menentangnya, maka Revolusi bersifat memaksa. a. Syarat-Syarat Revolusi.
Untuk melakukan Revolusi maka kekuatan kaum Revolusioner harus memenuhi syarat-syarat Revolusi. Syarat-syarat Revolusi adalah: 1. basis dari bangunan atas kelas lama (penguasa lama) sudah retak dan goyah, 2. kekuatan Revolusi sudah tersedia, 3. pimpinan Revolusi yang tepat sudah ada, 4. sasaran Revolusi harus konkret. 1. Basis dan Bangunan Atas Penguasa Lama Rapuh.
Basis adalah sistem ekonomi dan bangunan atas adalah kekuasaan politik. Basis dari bangunan atas kelas lama sudah retak dan goyah artinya bahwa sistem ekonomi dari politik kekuasaan pemerintah lama sudak rusak dan tidak bisa dipertahankan lagi.
Rakyat jelata diperlakukan tidak adil oleh penguasa sehingga rakyat menjadi miskin dan sengsara, disisi lain kaum penguasa politik dan para kroninya hidup mewah karena menghisap dan menindas rakyat. Kondisi yang sedemikian ini mendorong lahirnya kesadaran dan keberanian rakyat untuk mengubah dirinya melalui Revolusi. 2. Kekuatan Revolusi Sudah Tersedia.
Kekuatan Revolusi sudah tersedia artinya bahwa kekuatan Revolusi adalah kelas buruh kota dan buruh tani (proletar)yang mengalami penindasan dan penghisapan dari kelas yang berkuasa (borjuasi kapitalis). Kekuatan Revolusi tersebut telah mengadakan persatuan dan telah sadar untuk mengubah dirinya dan berkembang menjadi keberanian untuk menggulingkan penguasa lama dan menggantikannya dengan kekuasaan baru yang membela kepentingan rakyat.
Hakekatnya kekuatan Revolusi adalah kekuatan rakyat (people power). 3. Pimpinan Revolusi yang Tepat Sudah Tersedia. Pimpinan Revolusi adalah kelas yang paling maju, paling teguh, paling konsekwen dalam perlawanan terhadap penindasan dan penghisapan dari kelas yang berkuasa dan yang paling berkepentingan untuk menghancurkan kekuasaan kelas yang berkuasa.
Pimpinan yang tepat artinya bahwa pimpinan Revolusi itu mempunyai sasaran, program dan garis Revolusi yang tepat. Sasaran Revolusi adalah merebut kekuasaan politik dari kelas penguasa yang sudah tidak mampu mempertahankan kekuasaannya.
Pimpinan Revolusi adalah kelas buruh (proletar). Sedangkan sasaran Revolusi adalah kelas borjuis komprador, kelas kapitalis birokrat, kelas feodal dan kelas imperialis. Kelas-kelas (borjuasi kapitalis) ini adalah merupakan musuh rakyat karena pikiran dan perilakunya menghisap dan menindas rakyat.
Rakyat tertindas dalam suatu negeri adalah merupakan kekuatan internal Revolusioner yang menentukan jalannya Revolusi. Tugas kaum Revolusioner suatu negeri adalah mengubah situasi dalam negeri menjadi situasi Revolusioner, bukan menunggu situasi menjadi Revolusioner.
Hakekatnya Revolusi adalah kehendak rakyat, bukan kehendak pemimpin Revolusi. Rakyat yang menentukan Revolusi, pemimpin Revolusi mengarahkan jalannya Revolusi. Inilah hubungan materi (kesadaran dan keberanian rakyat) dan ide (pemimpin Revolusi) dalam teori Revolusi. 4. Sasaran Revolusi Harus Konkret. Sasaran Revolusi adalah kelas lama yang sudah tidak dipercayai oleh rakyat karena menindas dan menghisap serta menipu rakyat. Kelas penguasa lama yang demikian ini harus dihancurkan melalui Revolusi rakyat.

0 komentar:

Counter

free web hit counter